Monday, February 5, 2018

Fungsi Turbo C

1.    #include

#include adalah salah satu pengarah praprosesor yang tersedia pada C++/ Memberitahukan compiler untuk menggunakan  fungsi  standart input dan output.
. Bentuk umum #include dapat berupa :
·         #include <nama file>
Mengisyaratkan bahwa pencarian file dilakukan pada direktori khusus(direktori file include yang bisa di-set melalui kompiler)
·         #include “nama file”
Menyatakan bahwa pencarian nama file dilakukan pertama kali pada direktori kerja. Jika nama file tidak ditemukan maka akan dicari pada direktori yangtercantum pada variabel lingkunngan PATH


2. clrscr

Perintah untuk menghapus layar biasa dilibatkan dalam program. Pernyataan yang digunakan adalah : clrscr(); Pernyataan tersebut menggunakan baris #include <conio.h>
3. getch()
getch() adalah  suatu  fungsi  yang  berfungsi  untuk  pembacaan  data  sebuah
karakter, sehingga program akan terdiam sampai pengguna menekan sesuatu.
4. return 0 ;
return 0 ; adalah perintah yang memberikan nilai kepada fungsinya. Setiap fungsi
harus mempunyai nilai kembaliannya (return value).
5. int main
int main           :sebagai awal deklarasi fungsi main. Merupakan titik    awal dimana seluruh program   C++ akan   dieksekusi.
6. gotoxy(a,b)
gotoxy (a,b)digunakan untuk menempatkan kursor ditempat yang tidak dapat di capai bila kita hanya menggunakan sekuensi program saja. Jika kita gunakan gotoxy, maka kita dapat meletakan kursor kita dimana saja sesuai dengan titik koorninatnya.
Fungsi gotoxy mempunyai dua parameter. Parameter tersebut adalah koordinat dimana kita ingin meletakan kursor. Titik pojok kiri atas mempunyai titik koordinat [0,0]. Jika ingin menggeser kekanan maka x ditambahkan sesuai dengan posisi yang kmu inginkan. Jika ingin menggeser ke bawah maka y ditambahkan..
7. cprintf
Fungsi ini digiunakan untuk menampilkan apa saja yang tertulis didalam tandapetik(“). Terdapat didalam header studio

8. void

Pernyataan ini mendeklarasikan fungsi utama, bahwa suatu program C++ dapat berisi banyak fungsi, yang harus selalu memiliki sebuah fungsi utama (main function), Fungsi adalah modul yang berisi kode-kode untuk menyelesaikan masalah-masalah tertentu. Kata Void menandakan fungsi main tidak bertipe.

9. conio.h

conio.h adalah file header pada pemrogramman C yang telah lama digunakan pada compiler berbasis MS-DOS untuk membuat antarmuka pengguna C. Conio.h tidak dijelaskan secara gamblang pada buku bahasa pemrogramman C dan bukan pula bagian dari librari standar C, ISOC juga tidak dibutuhkan oleh POSIX.
Header ini mendeklarasikan beberapa fungsi librari yang dimasukkan untuk melakukan "input dan output konsol" dari sebuah program. Kebanyakan kompiler bahasa C yang menargetkan UNIX dan Linux tidak memiliki header ini dan tidak menyediakan fungsi perpustakaan. Beberapa sistem embedded yang menggunakan perpustakaan conio-kompatibel.


No comments:

Post a Comment