Monday, February 5, 2018

TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN

Pulang Kampung menjadi rutinitas tahunan yang dilakukan oleh sebagian masyarakat di Indonesia setiap menjelang lebaran maupun setelah lebaran, untuk itulah agar perjalanan mudik mapun balik atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan menjadi perhatian utama saat perjalanan mudik anda sampai kampung halaman rumah untuk berlebaran bersama keluarga anda,

Lantas, bagaimana tips mudik aman dan nyaman agar kita sampai tujuan dengan selamat ?

Baiklah kalau begitu, admin akan memberikan tips mudik aman dan nyaman versi saya bagi anda yang akan mudik ke kampung halaman untuk berlebaran. Mohon disimak dan berikut adalah tipsnya:
1.      
      PERHATIKAN KESEHATAN ANDA SEBELUM MUDIK, 
   Kesehatan tentunya menjadi perhatian pertama saat hendak mudik ke kampung halaman, sebab kesehatan juga akan mempengaruhi perjalanan anda bilamana saat anda berkendara tentunya akan mengganggu konsentrasi berkendara anda serta tidak menutup kemungkinan bisa membahayakan keselamatan anda. Jadi jika kita kurang sehat segeralah periksa ke dokter terdekat.

2.       PERIKSALAH KENDARAAN ANDA KE BENGKEL SEBELUM BERANGKAT MUDIK, 
     Tidak hanya manusia yang butuh periksa tetapi kendaraan juga butuh pemeriksaan mulai dari Rem, Tekanan Ban, Oli, Radiator, serta peralatan kebutuhan teknisi kendaraan anda.

Pertama, kita periksa terlebih dahulu adalah Rem. karena rem adalah sorotan terpenting dalam berkendara dalam medan jalan menanjak maupun medan jalan apapun, jika rem kita haus atau habis segeralah ganti yang baru dibengkel.

Kedua, Periksalah Tekanan Ban kendaraan anda. Sebab Tekanan Ban anda juga mempengaruhi performa kecepatan serta keseimbangan dalam anda berkendara, untuk itu tekanan yang standar adalah Dari segi ukuran ban, untuk kenyamanan dan keamanan idealnya menggunkan ban standar pabrik. Kalau 15 inch, ya pakai 15 inch. Kalau pakai yang 17 inch, ya pakai 17 inch. Kalau diluar standar, tentunya harus diperhatikan karena itu tidak layak untuk dipakai saat kita perjalanan jauh. Selain ukuran ban juga pergantian ban juga tidak luput dari perhatian, jika pemilik kendaraan melakukan ban baru disarankan spooring (Keselarasan) antara ban dan velg.
Untuk tekanan ban yang pas adalah 30 – 32 psi untuk ring 14, dan 35 psi untuk ring 15 inch.

Ketiga, Periksalah Oli kendaraan anda. Jika Oli anda sudah lama tidak diganti, segeralah ganti dengan oli yang baru karena oli juga mempengaruhi kinerja kendaraan anda saat dijalan.

Keempat, Perhatikan Air Radiator Anda. Air radiator juga menjadi sorotan juga saat anda berkendara jauh, pastikan air radiator anda dengan sangat baik. Akan tetapi janganlah sekali – kali anda membuka radiator anda saat dalam keadaan panas, karena jika kita buka dalam keadaan tersebut hal tidak menutup kemungkinan air radiator tersebut bisa melukai anda akibat terkena percikan air panas yang bisa menyebabkan kulit anda melepuh.

Kelima, Pastikan anda jangan lupa membawa peralatan teknisi kendaraan anda bilamana dijalan kendaraan anda mengalami emergency atau darurat akibat kerusakan kendaraan anda.

3.       JANGAN MEMBAWA BARANG BAWAAN YANG BERLEBIHAN SAAT MUDIK, 
   Tidak hanya kendaraan dan manusia juga yang jadi perhatian, barang bawaan anda juga perlu diperhatikan. Barang bawaan memang menjadi kebutuhan saat mudik untuk memberikan sekedar oleh – oleh kepada sanak keluarga yang berada dikampung halaman, namun barang bawaan tersebut janganlah membawanya secara berlebihan karena selain merepotkan juga demi kenyamanan dan keamanan anda saat berkendara jauh. Selain dari segi faktor kenyamanan dan kemanan, membawa barang secara berlebihan juga bisa mengakibatkan bahan bakar anda menjadi boros. Hal ini disebabkan karena barang yang berlebihan mengakibatkan kendaraan anda menjadi berat sehingga mesin bekerja dengan luar biasa sehingga mengakibatkan bahan bakar anda boros.

4.       PATUHI RAMBU – RAMBU LALU LINTAS SAAT MUDIK, 
      Demi Keselamatan, Kenyamanan, dan Kenyamanan saat mudik, mematuhi rambu – rambu lalu lintas juga perlu diperhatikan. Dengan mematuhi rambu – rambu lalu lintas kita akan selamat sampai ditujuan.

5. JIKA NGANTUK ISTIRAHATLAH SEJENAK DIREST AREA ATAU SPBU TERDEKAT, Perjalanan jauh saat seharian mengendaraai kendaraan anda dengan perjalanan jauh, pastikan anda tidak ngantuk saat dijalan. Jika anda mengantuk carilah Rest Area maupun SPBU terdekat yang telah dipersiapkan oleh petugas kepolisian maupun Dinasperhubungan untuk anda beristirahat.

6.  CARILAH INFO MENGENAI KEADAAN ARUS LALU LINTAS SAAT MUDIK DIGADGET ANDA, 
    Jika anda mudik tidak salah jika kita mencari info mengenai keadaan lalu lintas di internet yang hendak anda lewati, hal ini tentunya mambantu anda dalam perjalanan mudik supaya terhindar dari kemacetan yang diakibatkan adanya pasar tumpah, perbaikan jalan, dll agar anda menemukan jalur alternative dijalan yang akan anda lalui nantinya.

7.    PASTIKAN SEBELUM BERANGKAT MUDIK BERDO’A TERLEBIH DAHULU, 
     Berdo’a menjadi bahan utama saat hendak mudik ke kampung halaman, dengan berdo’a kepada tuhan kita akan selamat sampai tujuan ke kampung halaman untuk lebaran bersama keluarga anda.

Selamat mudik dan berlebaran bersama keluarga anda di kampung halaman, Utamakan Keselamatan dan Jadilah Pelopor Keselamatan. Semoga tips Mudik ala Info Seputar kudus – ISK bermanfaat untuk anda semua.

SELAMAT MUDIK & SELAMAT MERAYAKAN LEBARAN DIKAMPUNG HALAMAN ANDA
MINAL AIDIN WAL FAIZIN MOHON MAAF LAHIR & BATIN

****(Sholihul Umam)****